Nabi Muhammad saw berasal dari kabilah Quraisy, tepatnya keturunan
Hasyim. Ayah beliau adalah Abdullah bin Abdul Muthalib, cucu Hasyim. Ibunda
beliau adalah Aminah binti Wahb yang berasal dari keturunan Bani Zuhrah, salah
satu kabilah Quraisy.
Setelah menikah, Abdullah melakukan pepergian ke Syam. Ketika pulang
dari pepergian itu, ia wafat di Madinah dan dikuburkan di kota itu juga.
Setelah beberapa bulan dari wafatnya sang ayah berlalu, Nabi pamungkas
para nabi lahir di bulan Rabi’ul Awal, tahun 571 Masehi di Makkah, dan dengan
kelahirannya itu, dunia menjadi terang-benderang. Sesuai dengan kebiasaan para
bangsawan Makkah, ibundanya menyerahkan Muhammad kecil kepada Halimah Sa’diyah
dari kabilah Bani Sa’d untuk disusui. Beliau tinggal di rumah Halimah selama
empat tahun. Setelah itu, sang ibu
mengambilnya kembali.
Dengan tujuan untuk berkunjung ke kerabat ayahnya di Madinah, sang
ibunda membawanya pergi ke Madinah. Dalam perjalanan pulang ke Makkah,
ibundanya wafat dan dikebumikan di Abwa`, sebuah daerah yang terletak antara
Makkah dan Madinah. Setelah ibunda beliau wafat, secara bergantian, kakek dan
paman beliau, Abdul Muthalib dan Abu Thalib memelihara beliau. Pada usia dua
puluh lima tahun, beliau menikah dengan Khadijah yang waktu itu sudah berusia
empat puluh tahun. Beliau menjalani hidup bersamanya selama dua puluh lima
tahun hingga ia wafat pada usia enam puluh lima tahun.
Pada usia empat puluh tahun, beliau diutus menjadi nabi oleh Allah. Ia
mewahyukan kepada beliau al-Quran yang seluruh manusia dan jin tidak mampu
untuk menandinginya. Ia menamakan beliau sebagai pamungkas para nabi dan
memujinya karena kemuliaan akhlaknya.
Beliau hidup di dunia ini selama enam puluh tiga tahun. Menurut
pendapat masyhur, beliau wafat pada hari Senin bulan Shafar 11 Hijriah di
Madinah.
Bukti Kenabian Rasulullah saw
Secara global, kenabian seorang nabi dapat diketahui melalui tiga
jalan:
1. Pengakuan sebagai nabi.
2. Kelayakan menjadi nabi.
3. Mukjizat.
Pengakuan Sebagai Nabi
Telah diketahui oleh setiap orang bahwa Rasulullah saw telah mengaku
sebagai nabi di Makkah pada tahun 611 M., masa di mana syirik, penyembahan
berhala dan api telah menguasai seluruh dunia. Hingga akhir usia, beliau selalu
mengajak umat manusia untuk memeluk agama Islam, dan sangat banyak sekali di
antara mereka yang mengikuti ajakan beliau itu.
Kelayakan Menjadi Nabi
Maksud asumsi di atas adalah seorang yang mengaku menjadi nabi harus
memiliki akhlak dan seluruh etika yang terpuji, dari sisi kesempurnaan jiwa
harus orang yang paling utama, tinggi dan sempurna, dan terbebaskan dari segala
karakterisitik yang tidak terpuji. Semua itu telah dimiliki oleh Rasulullah
saw. Musuh dan teman memuji beliau karena akhlaknya, memberitakan sifat-sifat
sempurna dan kelakuan terpujinya dan membebaskannya dari setiap karakterisitik
yang buruk.
Kesimpulannya, akhlak beliau yang mulia, tata krama beliau yang
terpuji, perubahan dan revolusi yang beliau cetuskan di seanterao dunia,
khususnya di Hijaz dan jazirah Arab, dan sabda-sabda beliau yang mulia
berkenaan dengan tauhid, sifat-sifat Allah, hukum halal dan haram, serta
nasihat-nasihat beliau telah membuktikan kelayakan beliau untuk menduduki kursi
kenabian, dan setiap orang yang insaf tidak akan meragukan semua itu.
Mukjizat
Mukjizat dapat disimpulkan dalam lima hal:
1. Mukjizat akhlak.
2. Mukjizat ilmiah.
3. Mukjizat amaliah.
4. Mukjizat maknawiyah.
5. Mukjizat keturunan.
Mukjizat Akhlak
Sejak masa muda, Nabi Muhammad saw telah dikenal dengan kejujuran,
amanat, kesabaran, ketegaran, dan kedermawanan. Dalam kesabaran dan kerendahan
diri beliau tidak memiliki sekutu dan dalam kemanisan etika beliau tak
tertandingi. “Sesungguhnya engkau berada di puncak akhlak yang agung.” Dalam
memaafkan, beliau tak ada taranya. Ketika mendapatkan gangguan dan cemoohan
masyarakatnya, beliau hanya berkataاَللّهُمَّ اغْفِرْ لِقَوْمِيْ فَإِنَّهُمْ لاَ يَعْلَمُوْنَ “Ya Allah, ampunilah kaumku, karena
mereka tidak mengetahui.”Beliau selalu mengharapkan kebaikan seluruh umat
manusia, penyayang dan belas-kasih terhadap mereka. “Ia belas-kasih dan
pengasih terhadap Mukminin.”
Beliau tidak pernah menyembunyikan keceriaan wajah terhadap para
sahabat dan selalu mencari berita tentang kondisi mereka. Beliau selalu
memberikan tempat khusus kepada orang-orang baik di sisi beliau. Orang yang
paling utama di sisi beliau adalah orang yang dikenal dengan kebajikanya
terhadap Muslimin dan orang yang termulia adalah orang yang lebih bertindak
toleran dan tolong-menolong terhadap umat Islam. Beliau tida pernah duduk dan
bangun (dari duduk) kecuali dengan menyebut nama Allah dan mayoritasnya, beliau
duduk menghadap ke arah Kiblat. Beliau tidak pernah menentukan tempat duduk
khusus bagi dirinya. Beliau memperlakukan masyarakat sedemikian rupa sehingga
mereka merasa dirinya adalah orang termulia di sisi beliau. Beliau tidak banyak
berbiacara dan tidak pernah memotong pembicaraan seseorang kecuali ia berbicara
kebatilan. Beliau tidak pernah mencela dan mencerca seseorang. Beliau tidak
pernah mencari-cari kesalahan orang lain. Budi pelerti beliau yang menyeluruh
telah meliputi seluruh umat manusia. Beliau selalu sabar menghadapi perangai
buruk bangsa Arab dan orang-orang yang asing bagi beliau. Beliau selalu duduk
di atas tanah dan duduk bersama orang-orang miskin serta makan bersama mereka.
Dalam makan dan berpakaian, beliau tidak pernah melebihi rakyat biasa. Setiap
berjumpa dengan seseorang, beliau selalu memulai mengucapkan salam dan berjabat
tangan dengannya. Beliau tidak pernah mengizinkan siapa pun berdiri (untuk
menghormati)nya. Beliau selalu menghormati orang-orang berilmu dan berakhlak
mulia. Dibandingkan dengan yang lain, beliau lebih bijaksana, sabar, adil, berani
dan pengasih. Beliau selalu menghormati orang-orang tua, menyayangi anak-anak
kecil dan membantu orang-orang yang terlantar. Sebisa mungkin, beliau tidak
pernah makan sendirian. Ketika beliau meninggal dunia, beliau tidak
meninggalkan sekeping Dinar dan Dirham pun.
Keberanian beliau sangat terkenal sehingga Imam Ali as pernah berkata:
“Ketika perang mulai memanas, kami berlindung kepada beliau.”
Rasa memaafkan beliau sangat besar. Ketika berhasil membebaskan Makkah,
beliau memegang pintu Ka’bah seraya bersabda (kepada musyrikin Makkah): “Apa
yang kalian katakan dan sangka sekarang?” Mereka menjawab: “Kami mengatakan dan
menyangka kebaikan (terhadapmu). Engkau adalah seorang pemurah dan putra
seorang pemurah. Engkau telah berhasil berkuasa terhadap kami. Engkau pasti
mampu melakukan apa yang kau inginkan.” Mendengar pengakuan mereka ini, hati
beliau tersentuh dan menangis. Ketika penduduk Makkah melihat kejadian itu,
mereka pun turut menangis. Setelah itu beliau bersabda: “Aku mengatakan seperti
apa yang pernah dikatakan oleh saudaraku Yusuf bahwa ‘Tiada cercaan bagi kalian
pada hari ini. Allah akan mengampuni kalian, dan Ia adalah Lebih Pengasih dari
para pengasih’.” (QS. Yusuf: 92) Beliau memaafkan seluruh kriminalitas dan
kejahatan yang pernah mereka lakukan seraya mengucapkan sabda beliau yang
spektakuler: “Pergilah! Kalian bebas.”
Mukjizat Ilmiah
Dengan merujuk kepada buku-buku yang memuat sabda, pidato dan
nasihat-nasihat beliau secara panjang lebar, mukjizat ilmiah beliau ini dapat
dipahami dengan jelas.
Mukjizat Amaliah
Dapat diakui bahwa seluruh perilaku beliau dari sejak lahir hingga
wafat adalah sebuah mukjizat. Dengan sedikit merenungkan kondisi dan
karakteristik masyarakat Hijaz, khususnya masyarakat kala itu, kemukjizatan
seluruh perilaku beliau akan jelas bagi kita. Beliau bak sebuah bunga yang
tumbuh di ladang duri. Beliau tidak hanya tidak terpengaruh oleh karakteristik
duri-duri itu, bahkan beliau berhasil merubahnya. Beliau tidak hanya
terpengaruh oleh kondisi kehidupan masyarakat kala itu, bahkan beliau berhasil
mempengaruhi gaya hidup mereka.
Dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun, beliau telah berhasil melakukan
empat pekerjaan besar dan fundamental meskipun banyak aral melintang dan
problema yang melilit. Masing-masing pekerjaan itu dalam kondisi normal
semestinya memerlukan usaha bertahun-tahun untuk dapat tegak berdiri sepanjang
masa. Keempat pekerjaan besar itu adalah sebagai berikut:
Pertama, berbeda dengan agama-agama yang sedang berlaku pada masa
beliau, beliau mendirikan sebuah agama baru yang bersifat Ilahi. Beliau telah
berhasil menciptakan banyak orang beriman kepada agama tersebut sehingga sampai
sekarang pun pengaruh spiritual beliau masih kuat tertanam di dalam lubuk hati
ratusan juta pengikutnya. Menjadikan seseorang taat adalah sebuah pekerjaan
yang mudah. Akan tetapi, menundukkan hati masyarakat, itu pun sebuah masyarakat
fanatis dan bodoh tanpa syarat dan menjadikan mereka taat dari lubuk hati
bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah.
Kedua, dari kabilah-kabilah berpecah-belah yang selalu saling
bermusuhan dan memiliki hobi berperang, beliau berhasil sebuah umat yang satu
dan menjalin persaudaraan, persamaan, kebebasan dan kesatun kalimat dalam arti
yang sebenarnya di antara mereka. Setelah beberapa tahun berlalu, beliau
berhasil membentuk sebuah umat yang bernama umat Muhammad saw. Hingga sekarang
umat ini masih eksis dan terus bertambah.
Ketiga, di tengah-tengah kabilah yang berpecah-belah, masing-masing
memiliki seorang pemimpin, biasa melakukan pekerjaan secara tersendiri dan tidak
pernah memiliki sebuah pemerintahan yang terpusat itu, beliau berhasil
membentuk sebuah pemerintahan yang berlandaskan kepada kebebasan dan
kemerdekaan yang sempurna. Dari sisi kekuatan dan kemampuan, pemerintahan ini
pernah menjadi satu-satunya pemerintahan mutlak di dunia setelah satu abad
berlalu.
Beliau pernah menulis enam surat dalam satu hari kepada para raja
penguasa masa itu dan mengajak mereka untuk memeluk Islam, raja-raja yang
menganggap diri mereka berada di puncak kekuatan dan meremehkan kaum Arab.
Ketika surat beliau sampai ke tangan raja Iran dan melihat nama beliau
disebutkan di atas namanya, ia marah seraya memerintahkan para suruhannya untuk
pergi ke Madinah dan membawa Muhammad ke hadapannya.
Ya! Para raja itu berpikir bahwa bangsa Arab adalah sebuah bangsa yang
tidak akan menunjukkan reaksi apa pun di hadapan pasukan kecil seperti bala
tentara Habasyah. Bahkan, mereka akan lari tunggang-langgang meninggalkan
Makkah dan kehidupan mereka, serta berlindung ke gunung-gunung. Mereka tidak dapat
memahami bahwa bangsa Arab telah memiliki seorang pemimpin Ilahi dan mereka
bukanlah bangsa Arab yang dulu lagi.
Keempat, dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun, beliau telah
menetapkan dan menunjukkan sederetan undang-undang yang mencakup seluruh kebutuhan
umat manusia. Undang-undang ini akan tetap kekal hingga hari Kiamat, dan
mempraktikkannya dapat mendatangkan kebahagiaan umat manusia. Undang-undang ini
tidak akan pernah layu. “Kehalalan Muhammad adalah halal selamanya hingga hari
Kiamat dan keharamannya adalah haram selamanya hingga hari Kiamat.”[1]
Undang-undang ini akan selamanya hidup kekal. Di hauzah-hauzah ilmiah selalu
dibahas dan didiskusikan oleh para fuqaha besar dalam sebuah obyek pembahasan
fiqih, Furu’uddin dan kewajiban amaliah.
Mukjizat Ma’nawiyah
Mukjizat abadi beliau adalah al-Quran yang telah turun kepada beliau
dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun, dan dari sejak saat itu hingga sekarang
selalu mendapatkan perhatian dan penelaahan dari berbagai segi oleh seluruh
masyarakat dunia. Kitab ini berhasil membangkitkan rasa heran para ilmuan dan
sepanjang masa masih memiliki kekokohan dan kedudukannya yang mulia. Kitab ini
terselamatkan dari segala bentuk tahrif, pengurangan dan penambahan. Ratusan
tafsir dan buku tentang hakikat arti dan kosa katanya telah ditulis. Allah
telah menjamin keterjagaannya dalam firman-Nya:
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَ إِنَّا لَهُ لَحَافِظُوْنَ
“Kami-lah yang telah menurunkan al-Quran ini dan Kami pulalah yang akan
menjaganya.”[2]
Mukjizat Keturunan
Salah satu mukjizat beliau yang lain adalah keturunan suci beliau yang
terjaga dari dosa. Hanya kedudukan tinggi kenabianlah yang mampu menghaturkan
putri-putri dan para imam ma’shum seperti ini kepada masyarakat. Seseorang yang
sadar dengan memperhatikan ilmu, kehidupan, ucapan dan perilaku Ahlubait as
akan mengakui bahwa setiap dari mereka, sebagaimana al-Quran, adalah dalil
tersendiri atas kenabian Rasulullah saw. Seandainya tidak ada dalil lain untuk
membuktikan kenabian Rasulullah saw kecuali keberadaan keturunan semacam itu,
hal itu sudah mencukupi dan hujjah sudah sempurna. Pembahasan panjang-lebar
tentang masalah ini tidak relevan untuk kesempatan pendek ini.
KARAKTER DAN KEUTAMAAN RASULLULLAH SAW
Salah satu karekter rasulullah saw yang paling menonjol adalah
kemenangan tidak menjaga kan dia bangga hal ini bisa kita lihat diperang badar
dan pembebasan kita makkah(fathu makkah) dan kekalahan tidak membuat dia putus
asa dapat kita lihat pristiwa perang uhud bahkan dengan cekatan is
mempersiapkan pasukan baru untuk menghadapi hamru”ul asad dan pengingkari
perjanjian yang dilakukan kaum yahudi bani quraizah ,dan kewaspadaan
beliau,selalu mengedek kekuatan musuh dengan teliti dan mempersiapkan
segalanya.
Dia memperlakukan kaum dan pengikutnya dengan tujuan mempererat
silaturrahmi dan selalu menamamkan rasa percaya diri dalam mereka is selalu
mengasihi anak anak kecil dan mengayomi mereka.berbuat baik dengan fakir miskin
dan terhadap hewan dia selalu menanamkan rasa kasih sayang dan melarang untuk
menyakiti binatang
Salah satu contoh rasa prikemanusian rasul saw adalah ketika mengutus
pasukan untuk berperang dengan musuh dia selalu berpesan tidak boleh menyerang
kaum sipil,dia lebih memilih damai terhadap musuh dari pada berperang ketika
berperang dia berpesan tidak boleh membunuh lanjut usia anak kecil perempuan
dan mengniaya musuh yang sudah tidak berdaya
Ketika kaum quraisi minta suaka politik kepadanya ia tidak
memberlakukan baikot ekonomi bahkan ia menyepakati import gandum dari yaman
Ia juga menyerukan realisasikan sebuah perdamaian dunia dan melarang
peperanga kecuali hal yang darurat
D. USAHA RASUL SAW DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT &BERPRIKEMANUSIAN
Kedatangan rasul adalah sebuah rahmat bagi manusia semuanya is tidak
pernah membedakan seseorang pun baik itu kulit putih atau kulit hitam dan dari
suku bangsa mana,karma semua manusia itu makan dari rizki allah yang diberikan
allah
Rasul saw mengajak manusia untuk
1:meningkatkan harkat martabat manusia ia bersabda semua manusia
berasil dari adam dan ia berasal dari tanah
2: mengajak damai sebelum perang
3: memaafkan sebelom membalas
4: mempermudah seseorang sebelom membalas perbuatan
dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa peperangan yang
dilaksanakan bertujuan untuk merealisasikan tujuan tujuan insani yang agung dan
menuju kepada tatanan masyarakat yang berprikemanusian
ia telah membuktikan bahwa dirinya adalah sebuah rahmat bagi manusia
dan alam semesta peristiwa itu bisa dilihat dari pembebasan kota makkah dangan
segala kemenangan yang telah digapai saat itu ia tetap berbuat baik dengan
musuh dan enggan untuk membalas dendam padahal ia dapat melaksanakan ia pernah
memaafkan mereka dengan sabda”pergilah kalian karma kalian sekarang sudah bebas
pada waktu perang dzatur riqa dia berasil menangkap pemimpin gauts bin al
harits yang berusaha beberapa kali membunuh beliau akan tetapi tetap dimaafkan
rasul memperlakukan tawanan perang dengan baik ,ia telah membebaskan
seorang tawanan perang dengan tangan dia sendiri disaat ia mendengar keluhan
rasa sakit tangannya diikat.
RASUL SEBAGAI PANGLIMA PERANG
Kita bisa lihat keberasilan beliau dalam memenangkan peperangan dan
menciptakan perdamaian dan mengujudkan manusia yang berakhlak dan memimpin
pasukan dengan gagah berani
TATA KRAMA BERGAUL
Beliau tidak pernah sombong dalam pergaulan selalu tersenyum berbuat
baik sesame manusia selalu menyenguk orang sakit tidak pernah memotong
pembicaraan lawan tidak pernah mengangap dirinya mulia dari teman yang diajak
bicara
Masih banyak lagi sipat2 rasul yang kita bisa dapat teladani.. mudah2an
kita bisa dapat meniru akhlak rasulullah amin….
mudah mudahan kita berusaha
untuk bisa menjadikan nabi muhammad sebagai huswatun hasanah dalam kehidupan
kita amin
Nabi Muhammad saw berasal dari kabilah Quraisy, tepatnya keturunan Hasyim. Ayah beliau adalah Abdullah bin Abdul Muthalib, cucu Hasyim. Ibunda beliau adalah Aminah binti Wahb yang berasal dari keturunan Bani Zuhrah, salah satu kabilah Quraisy.
Setelah menikah, Abdullah melakukan pepergian ke Syam. Ketika pulang
dari pepergian itu, ia wafat di Madinah dan dikuburkan di kota itu juga.
Setelah beberapa bulan dari wafatnya sang ayah berlalu, Nabi pamungkas
para nabi lahir di bulan Rabi’ul Awal, tahun 571 Masehi di Makkah, dan dengan
kelahirannya itu, dunia menjadi terang-benderang. Sesuai dengan kebiasaan para
bangsawan Makkah, ibundanya menyerahkan Muhammad kecil kepada Halimah Sa’diyah
dari kabilah Bani Sa’d untuk disusui. Beliau tinggal di rumah Halimah selama
empat tahun. Setelah itu, sang ibu
mengambilnya kembali.
Dengan tujuan untuk berkunjung ke kerabat ayahnya di Madinah, sang
ibunda membawanya pergi ke Madinah. Dalam perjalanan pulang ke Makkah,
ibundanya wafat dan dikebumikan di Abwa`, sebuah daerah yang terletak antara
Makkah dan Madinah. Setelah ibunda beliau wafat, secara bergantian, kakek dan
paman beliau, Abdul Muthalib dan Abu Thalib memelihara beliau. Pada usia dua
puluh lima tahun, beliau menikah dengan Khadijah yang waktu itu sudah berusia
empat puluh tahun. Beliau menjalani hidup bersamanya selama dua puluh lima
tahun hingga ia wafat pada usia enam puluh lima tahun.
Pada usia empat puluh tahun, beliau diutus menjadi nabi oleh Allah. Ia
mewahyukan kepada beliau al-Quran yang seluruh manusia dan jin tidak mampu
untuk menandinginya. Ia menamakan beliau sebagai pamungkas para nabi dan
memujinya karena kemuliaan akhlaknya.
Beliau hidup di dunia ini selama enam puluh tiga tahun. Menurut
pendapat masyhur, beliau wafat pada hari Senin bulan Shafar 11 Hijriah di
Madinah.
Bukti Kenabian Rasulullah saw
Secara global, kenabian seorang nabi dapat diketahui melalui tiga
jalan:
1. Pengakuan sebagai nabi.
2. Kelayakan menjadi nabi.
3. Mukjizat.
Pengakuan Sebagai Nabi
Telah diketahui oleh setiap orang bahwa Rasulullah saw telah mengaku
sebagai nabi di Makkah pada tahun 611 M., masa di mana syirik, penyembahan
berhala dan api telah menguasai seluruh dunia. Hingga akhir usia, beliau selalu
mengajak umat manusia untuk memeluk agama Islam, dan sangat banyak sekali di
antara mereka yang mengikuti ajakan beliau itu.
Kelayakan Menjadi Nabi
Maksud asumsi di atas adalah seorang yang mengaku menjadi nabi harus
memiliki akhlak dan seluruh etika yang terpuji, dari sisi kesempurnaan jiwa
harus orang yang paling utama, tinggi dan sempurna, dan terbebaskan dari segala
karakterisitik yang tidak terpuji. Semua itu telah dimiliki oleh Rasulullah
saw. Musuh dan teman memuji beliau karena akhlaknya, memberitakan sifat-sifat
sempurna dan kelakuan terpujinya dan membebaskannya dari setiap karakterisitik
yang buruk.
Kesimpulannya, akhlak beliau yang mulia, tata krama beliau yang
terpuji, perubahan dan revolusi yang beliau cetuskan di seanterao dunia,
khususnya di Hijaz dan jazirah Arab, dan sabda-sabda beliau yang mulia
berkenaan dengan tauhid, sifat-sifat Allah, hukum halal dan haram, serta
nasihat-nasihat beliau telah membuktikan kelayakan beliau untuk menduduki kursi
kenabian, dan setiap orang yang insaf tidak akan meragukan semua itu.
Mukjizat
Mukjizat dapat disimpulkan dalam lima hal:
1. Mukjizat akhlak.
2. Mukjizat ilmiah.
3. Mukjizat amaliah.
4. Mukjizat maknawiyah.
5. Mukjizat keturunan.
Mukjizat Akhlak
Sejak masa muda, Nabi Muhammad saw telah dikenal dengan kejujuran,
amanat, kesabaran, ketegaran, dan kedermawanan. Dalam kesabaran dan kerendahan
diri beliau tidak memiliki sekutu dan dalam kemanisan etika beliau tak
tertandingi. “Sesungguhnya engkau berada di puncak akhlak yang agung.” Dalam
memaafkan, beliau tak ada taranya. Ketika mendapatkan gangguan dan cemoohan
masyarakatnya, beliau hanya berkataاَللّهُمَّ اغْفِرْ لِقَوْمِيْ فَإِنَّهُمْ لاَ يَعْلَمُوْنَ “Ya Allah, ampunilah kaumku, karena
mereka tidak mengetahui.”Beliau selalu mengharapkan kebaikan seluruh umat
manusia, penyayang dan belas-kasih terhadap mereka. “Ia belas-kasih dan
pengasih terhadap Mukminin.”
Beliau tidak pernah menyembunyikan keceriaan wajah terhadap para
sahabat dan selalu mencari berita tentang kondisi mereka. Beliau selalu
memberikan tempat khusus kepada orang-orang baik di sisi beliau. Orang yang
paling utama di sisi beliau adalah orang yang dikenal dengan kebajikanya
terhadap Muslimin dan orang yang termulia adalah orang yang lebih bertindak
toleran dan tolong-menolong terhadap umat Islam. Beliau tida pernah duduk dan
bangun (dari duduk) kecuali dengan menyebut nama Allah dan mayoritasnya, beliau
duduk menghadap ke arah Kiblat. Beliau tidak pernah menentukan tempat duduk
khusus bagi dirinya. Beliau memperlakukan masyarakat sedemikian rupa sehingga
mereka merasa dirinya adalah orang termulia di sisi beliau. Beliau tidak banyak
berbiacara dan tidak pernah memotong pembicaraan seseorang kecuali ia berbicara
kebatilan. Beliau tidak pernah mencela dan mencerca seseorang. Beliau tidak
pernah mencari-cari kesalahan orang lain. Budi pelerti beliau yang menyeluruh
telah meliputi seluruh umat manusia. Beliau selalu sabar menghadapi perangai
buruk bangsa Arab dan orang-orang yang asing bagi beliau. Beliau selalu duduk
di atas tanah dan duduk bersama orang-orang miskin serta makan bersama mereka.
Dalam makan dan berpakaian, beliau tidak pernah melebihi rakyat biasa. Setiap
berjumpa dengan seseorang, beliau selalu memulai mengucapkan salam dan berjabat
tangan dengannya. Beliau tidak pernah mengizinkan siapa pun berdiri (untuk
menghormati)nya. Beliau selalu menghormati orang-orang berilmu dan berakhlak
mulia. Dibandingkan dengan yang lain, beliau lebih bijaksana, sabar, adil, berani
dan pengasih. Beliau selalu menghormati orang-orang tua, menyayangi anak-anak
kecil dan membantu orang-orang yang terlantar. Sebisa mungkin, beliau tidak
pernah makan sendirian. Ketika beliau meninggal dunia, beliau tidak
meninggalkan sekeping Dinar dan Dirham pun.
Keberanian beliau sangat terkenal sehingga Imam Ali as pernah berkata:
“Ketika perang mulai memanas, kami berlindung kepada beliau.”
Rasa memaafkan beliau sangat besar. Ketika berhasil membebaskan Makkah,
beliau memegang pintu Ka’bah seraya bersabda (kepada musyrikin Makkah): “Apa
yang kalian katakan dan sangka sekarang?” Mereka menjawab: “Kami mengatakan dan
menyangka kebaikan (terhadapmu). Engkau adalah seorang pemurah dan putra
seorang pemurah. Engkau telah berhasil berkuasa terhadap kami. Engkau pasti
mampu melakukan apa yang kau inginkan.” Mendengar pengakuan mereka ini, hati
beliau tersentuh dan menangis. Ketika penduduk Makkah melihat kejadian itu,
mereka pun turut menangis. Setelah itu beliau bersabda: “Aku mengatakan seperti
apa yang pernah dikatakan oleh saudaraku Yusuf bahwa ‘Tiada cercaan bagi kalian
pada hari ini. Allah akan mengampuni kalian, dan Ia adalah Lebih Pengasih dari
para pengasih’.” (QS. Yusuf: 92) Beliau memaafkan seluruh kriminalitas dan
kejahatan yang pernah mereka lakukan seraya mengucapkan sabda beliau yang
spektakuler: “Pergilah! Kalian bebas.”
Mukjizat Ilmiah
Dengan merujuk kepada buku-buku yang memuat sabda, pidato dan
nasihat-nasihat beliau secara panjang lebar, mukjizat ilmiah beliau ini dapat
dipahami dengan jelas.
Mukjizat Amaliah
Dapat diakui bahwa seluruh perilaku beliau dari sejak lahir hingga
wafat adalah sebuah mukjizat. Dengan sedikit merenungkan kondisi dan
karakteristik masyarakat Hijaz, khususnya masyarakat kala itu, kemukjizatan
seluruh perilaku beliau akan jelas bagi kita. Beliau bak sebuah bunga yang
tumbuh di ladang duri. Beliau tidak hanya tidak terpengaruh oleh karakteristik
duri-duri itu, bahkan beliau berhasil merubahnya. Beliau tidak hanya
terpengaruh oleh kondisi kehidupan masyarakat kala itu, bahkan beliau berhasil
mempengaruhi gaya hidup mereka.
Dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun, beliau telah berhasil melakukan
empat pekerjaan besar dan fundamental meskipun banyak aral melintang dan
problema yang melilit. Masing-masing pekerjaan itu dalam kondisi normal
semestinya memerlukan usaha bertahun-tahun untuk dapat tegak berdiri sepanjang
masa. Keempat pekerjaan besar itu adalah sebagai berikut:
Pertama, berbeda dengan agama-agama yang sedang berlaku pada masa
beliau, beliau mendirikan sebuah agama baru yang bersifat Ilahi. Beliau telah
berhasil menciptakan banyak orang beriman kepada agama tersebut sehingga sampai
sekarang pun pengaruh spiritual beliau masih kuat tertanam di dalam lubuk hati
ratusan juta pengikutnya. Menjadikan seseorang taat adalah sebuah pekerjaan
yang mudah. Akan tetapi, menundukkan hati masyarakat, itu pun sebuah masyarakat
fanatis dan bodoh tanpa syarat dan menjadikan mereka taat dari lubuk hati
bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah.
Kedua, dari kabilah-kabilah berpecah-belah yang selalu saling
bermusuhan dan memiliki hobi berperang, beliau berhasil sebuah umat yang satu
dan menjalin persaudaraan, persamaan, kebebasan dan kesatun kalimat dalam arti
yang sebenarnya di antara mereka. Setelah beberapa tahun berlalu, beliau
berhasil membentuk sebuah umat yang bernama umat Muhammad saw. Hingga sekarang
umat ini masih eksis dan terus bertambah.
Ketiga, di tengah-tengah kabilah yang berpecah-belah, masing-masing
memiliki seorang pemimpin, biasa melakukan pekerjaan secara tersendiri dan tidak
pernah memiliki sebuah pemerintahan yang terpusat itu, beliau berhasil
membentuk sebuah pemerintahan yang berlandaskan kepada kebebasan dan
kemerdekaan yang sempurna. Dari sisi kekuatan dan kemampuan, pemerintahan ini
pernah menjadi satu-satunya pemerintahan mutlak di dunia setelah satu abad
berlalu.
Beliau pernah menulis enam surat dalam satu hari kepada para raja
penguasa masa itu dan mengajak mereka untuk memeluk Islam, raja-raja yang
menganggap diri mereka berada di puncak kekuatan dan meremehkan kaum Arab.
Ketika surat beliau sampai ke tangan raja Iran dan melihat nama beliau
disebutkan di atas namanya, ia marah seraya memerintahkan para suruhannya untuk
pergi ke Madinah dan membawa Muhammad ke hadapannya.
Ya! Para raja itu berpikir bahwa bangsa Arab adalah sebuah bangsa yang
tidak akan menunjukkan reaksi apa pun di hadapan pasukan kecil seperti bala
tentara Habasyah. Bahkan, mereka akan lari tunggang-langgang meninggalkan
Makkah dan kehidupan mereka, serta berlindung ke gunung-gunung. Mereka tidak dapat
memahami bahwa bangsa Arab telah memiliki seorang pemimpin Ilahi dan mereka
bukanlah bangsa Arab yang dulu lagi.
Keempat, dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun, beliau telah
menetapkan dan menunjukkan sederetan undang-undang yang mencakup seluruh kebutuhan
umat manusia. Undang-undang ini akan tetap kekal hingga hari Kiamat, dan
mempraktikkannya dapat mendatangkan kebahagiaan umat manusia. Undang-undang ini
tidak akan pernah layu. “Kehalalan Muhammad adalah halal selamanya hingga hari
Kiamat dan keharamannya adalah haram selamanya hingga hari Kiamat.”[1]
Undang-undang ini akan selamanya hidup kekal. Di hauzah-hauzah ilmiah selalu
dibahas dan didiskusikan oleh para fuqaha besar dalam sebuah obyek pembahasan
fiqih, Furu’uddin dan kewajiban amaliah.
Mukjizat Ma’nawiyah
Mukjizat abadi beliau adalah al-Quran yang telah turun kepada beliau
dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun, dan dari sejak saat itu hingga sekarang
selalu mendapatkan perhatian dan penelaahan dari berbagai segi oleh seluruh
masyarakat dunia. Kitab ini berhasil membangkitkan rasa heran para ilmuan dan
sepanjang masa masih memiliki kekokohan dan kedudukannya yang mulia. Kitab ini
terselamatkan dari segala bentuk tahrif, pengurangan dan penambahan. Ratusan
tafsir dan buku tentang hakikat arti dan kosa katanya telah ditulis. Allah
telah menjamin keterjagaannya dalam firman-Nya:
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَ إِنَّا لَهُ لَحَافِظُوْنَ
“Kami-lah yang telah menurunkan al-Quran ini dan Kami pulalah yang akan
menjaganya.”[2]
Mukjizat Keturunan
Salah satu mukjizat beliau yang lain adalah keturunan suci beliau yang
terjaga dari dosa. Hanya kedudukan tinggi kenabianlah yang mampu menghaturkan
putri-putri dan para imam ma’shum seperti ini kepada masyarakat. Seseorang yang
sadar dengan memperhatikan ilmu, kehidupan, ucapan dan perilaku Ahlubait as
akan mengakui bahwa setiap dari mereka, sebagaimana al-Quran, adalah dalil
tersendiri atas kenabian Rasulullah saw. Seandainya tidak ada dalil lain untuk
membuktikan kenabian Rasulullah saw kecuali keberadaan keturunan semacam itu,
hal itu sudah mencukupi dan hujjah sudah sempurna. Pembahasan panjang-lebar
tentang masalah ini tidak relevan untuk kesempatan pendek ini.
KARAKTER DAN KEUTAMAAN RASULLULLAH SAW
Salah satu karekter rasulullah saw yang paling menonjol adalah
kemenangan tidak menjaga kan dia bangga hal ini bisa kita lihat diperang badar
dan pembebasan kita makkah(fathu makkah) dan kekalahan tidak membuat dia putus
asa dapat kita lihat pristiwa perang uhud bahkan dengan cekatan is
mempersiapkan pasukan baru untuk menghadapi hamru”ul asad dan pengingkari
perjanjian yang dilakukan kaum yahudi bani quraizah ,dan kewaspadaan
beliau,selalu mengedek kekuatan musuh dengan teliti dan mempersiapkan
segalanya.
Dia memperlakukan kaum dan pengikutnya dengan tujuan mempererat
silaturrahmi dan selalu menamamkan rasa percaya diri dalam mereka is selalu
mengasihi anak anak kecil dan mengayomi mereka.berbuat baik dengan fakir miskin
dan terhadap hewan dia selalu menanamkan rasa kasih sayang dan melarang untuk
menyakiti binatang
Salah satu contoh rasa prikemanusian rasul saw adalah ketika mengutus
pasukan untuk berperang dengan musuh dia selalu berpesan tidak boleh menyerang
kaum sipil,dia lebih memilih damai terhadap musuh dari pada berperang ketika
berperang dia berpesan tidak boleh membunuh lanjut usia anak kecil perempuan
dan mengniaya musuh yang sudah tidak berdaya
Ketika kaum quraisi minta suaka politik kepadanya ia tidak
memberlakukan baikot ekonomi bahkan ia menyepakati import gandum dari yaman
Ia juga menyerukan realisasikan sebuah perdamaian dunia dan melarang
peperanga kecuali hal yang darurat
D. USAHA RASUL SAW DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT &BERPRIKEMANUSIAN
Kedatangan rasul adalah sebuah rahmat bagi manusia semuanya is tidak
pernah membedakan seseorang pun baik itu kulit putih atau kulit hitam dan dari
suku bangsa mana,karma semua manusia itu makan dari rizki allah yang diberikan
allah
Rasul saw mengajak manusia untuk
1:meningkatkan harkat martabat manusia ia bersabda semua manusia
berasil dari adam dan ia berasal dari tanah
2: mengajak damai sebelum perang
3: memaafkan sebelom membalas
4: mempermudah seseorang sebelom membalas perbuatan
dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa peperangan yang
dilaksanakan bertujuan untuk merealisasikan tujuan tujuan insani yang agung dan
menuju kepada tatanan masyarakat yang berprikemanusian
ia telah membuktikan bahwa dirinya adalah sebuah rahmat bagi manusia
dan alam semesta peristiwa itu bisa dilihat dari pembebasan kota makkah dangan
segala kemenangan yang telah digapai saat itu ia tetap berbuat baik dengan
musuh dan enggan untuk membalas dendam padahal ia dapat melaksanakan ia pernah
memaafkan mereka dengan sabda”pergilah kalian karma kalian sekarang sudah bebas
pada waktu perang dzatur riqa dia berasil menangkap pemimpin gauts bin al
harits yang berusaha beberapa kali membunuh beliau akan tetapi tetap dimaafkan
rasul memperlakukan tawanan perang dengan baik ,ia telah membebaskan
seorang tawanan perang dengan tangan dia sendiri disaat ia mendengar keluhan
rasa sakit tangannya diikat.
RASUL SEBAGAI PANGLIMA PERANG
Kita bisa lihat keberasilan beliau dalam memenangkan peperangan dan
menciptakan perdamaian dan mengujudkan manusia yang berakhlak dan memimpin
pasukan dengan gagah berani
TATA KRAMA BERGAUL
Beliau tidak pernah sombong dalam pergaulan selalu tersenyum berbuat
baik sesame manusia selalu menyenguk orang sakit tidak pernah memotong
pembicaraan lawan tidak pernah mengangap dirinya mulia dari teman yang diajak
bicara
Masih banyak lagi sipat2 rasul yang kita bisa dapat teladani.. mudah2an
kita bisa dapat meniru akhlak rasulullah amin….
mudah mudahan kita berusaha
untuk bisa menjadikan nabi muhammad sebagai huswatun hasanah dalam kehidupan
kita amin
0 komentar:
Posting Komentar